TINJAUAN LITERATUR: STUDI TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SKETCHUP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOMETRI SISWA

  • Melisa Puspita Sari Universitas Palangka Raya
  • Yelsa Universitas Palangka Raya
  • Rinada Universitas Palangka Raya
  • Putri Sasalia S 5Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Endah Nawang Wulan 5Universitas Palangka Raya, Indonesia
Keywords: google sketchup, motivasi belajar, pembelajaran geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh aplikasi Google SketchUp terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran geometri. Metode yang diterapkan adalah studi pustaka dengan mengkaji artikel-artikel relevan tahun 2020–2025 yang diperoleh melalui Google Scholar dan Publish or Perish. Sebanyak delapan artikel dianalisis untuk mengidentifikasi manfaat penggunaan media SketchUp dalam konteks pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SketchUp mampu meningkatkan motivasi belajar, kemampuan spasial, dan pemahaman konsep geometri siswa. Visualisasi objek 3D yang interaktif dan konkret menjadi faktor utama dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Oleh karena itu, media ini dinilai valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran geometri di sekolah.

References

Abdullah, A. H., dkk(2022). DOES Sketchup Make Improve Students’ Visual-Spatial Skills? IEEE Access, 10, 13936–13953. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3147476

Akbar, K. (2021). Eksplorasi Penelaran Spasial pada Konstruk Rotasi Mental dengan Media Google SketchUp. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 143–164. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.203

Badroni, M., & Suryanto HS, M. (2023). Pengembangan Media Sketchup Berbasis Animasi Menggunakan Model Pembelajaran Bleandid Learning Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XI DPIB SMKN 3 Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Vol 9(1), 99–107.

Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173

Bethony, M., et al. (2024). Pengaruh kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Vol (9), 2

Dewi, M. T., & Julisawati, E. A. (2019). Pemgembangan Sistem Pembelajaran Ilmu Geometri dengan Menggunakan Metode Augmented Reality: Array. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 18(1), 9-16.

Dwi Gotama, J., Fernando, Y., & Pasha, D. (2021). Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 28–38. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Gaurifa, M., & Darmawan Harefa. (2024). LEARNING MATHEMATICS IN TELUKDALAM MARKET: CALCULATING PRICES AND MONEY IN LOCAL TRADE. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 97-107. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2305

Ginting, M. B., Manuel, G., & Sitorus, M. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Guru Triguntar Dalam Membangun Motivasi Belajar Mandiri Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 57–66.

Harefa, D., & I Wayan Suastra. (2024). MATHEMATICS EDUCATION BASED ON LOCAL WISDOM: LEARNING STRATEGIES THROUGH HOMBO BATU. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2236

Harefa, D., & I Wayan Suastra. (2024). MATHEMATICS EDUCATION BASED ON LOCAL WISDOM: LEARNING STRATEGIES THROUGH HOMBO BATU. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.57094/afore.v3i2.2236

Hock, T. T.,et al. (2021). Dynamic Google SketchUp Software and Conventional Teaching Strategy of Students’ Conceptual Knowledge and Procedural Knowledge in Learning Geometry. International Journal of Human Resource Studies, 11(4S), 274. https://doi.org/10.5296/ijhrs.v11i4s.19253

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Jaelani, A. (2021). SketchUp-aided generative learning in solid geometry: Does it affected students’ spatial abilities? Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012039

Marlisa, Y.,dkk. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SKETCHUP BERBASIS VIRTUAL REALITY. 1–10.

Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323

Nakano, D., & Muniz, J. (2018). Writing the literature review for empirical papers. Production, 28. https://doi.org/10.1590/0103-6513.20170086

Novianti, C dkk. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57-75.

Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.27147

Putro, R. D. S. (2021). Studi tentang Penerapan Media 3D SketchUp dalam Pembelajaran di SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(1).

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rachman, S. R. D., & Alam, S. (2021). Visualisasi Animasi 3d Perumahan Btn Minimalis Berbasis Android Menggunakan Sketchup Dan Unity. Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, X(1), 50–61. https://docplayer.info/211395933-Visualisasi-animasi-3d-perumahan-btn-minimalis-berbasis-android-menggunakan-sketchup-dan-unity.html

Raniasti, I., Reza Fahlevi, A., Claudia Larasati, M., Joshua Rundengan, M., Khasani, I., Tinggi Desain Interstudi Jalan Kapten Tendean No, S., Mampang, P., Mampang Prapatan, K., Jakarta Selatan, K., & Khusus, D. (2022). “Basic Sketchup & 3D Blender.” 185–190.

Rofiatun, Eka, S. T., & Mulyanto. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Google SketchUp Terhadap Motivasi Belajar Dan Kompetensi Siswa di SMK Negeri 1 Sampang. 5(1), 10–17.

Sari, A. C., & Kurniawati, N. (2020). Pengembangan Perangkatan Pembelajaran REACT Berseting Think Talk Write dengan Bantuan Google SketchUp pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 141–149. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.986

Suhadah, H. S. (2023). Penerapan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Geometri Ruang pada Siswa Kelas XII MAN 1 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(2), 75–88. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i2.331

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Sunata, Turmudi, L., & Dewanto, S. P. (2016). The Use Of Google Sketchup Program In Teaching Of Geometric To Improve Students’ Comprehension Of Mathematical Communication Post Graduate UPI, Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika, 4(2), 220–228.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Published
2025-06-13
How to Cite
Melisa Puspita Sari, Yelsa, Rinada, Putri Sasalia S, & Endah Nawang Wulan. (2025). TINJAUAN LITERATUR: STUDI TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SKETCHUP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOMETRI SISWA. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 85-96. https://doi.org/10.57094/afore.v4i1.2900