ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

  • Syukur Hati Ziliwu
  • Rohpinus Sarumaha
  • Darmawan Harefa
Keywords: Kemampuan; koneksi matematika; transformasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa pada materi transformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa khususnya pada materi transformasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa berjumlah 20 orang siswa. Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematika siswa dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa memiliki kemampuan koneksi matematika dalam kategori rendah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: siswa tidak memahami konsep transformasi, siswa tidak memahami hubungan konsep transformasi denga topik matematika lainnya misalnya persamaan linear satu variabel dan persamaan garis lurus, siswa tidak mampu mencari hubungan prosedur penyelesaian transformasi dengan materi matematika lainnya, dan siswa tidak mampu menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang ilmu lain. Hal ini dikarenakan siswa tidak memahami soal, siswa bingung dalam memilih prosedur penyelesaian yang tepat, dan kurangnya ketelitian siswa dalam melakukan operasi perhitungan matematika sehingga sering terjadi kesalahan perhitungan. Melalui penelitian ini, disarankan agar kemampuan koneksi matematika siswa lebih ditingkatkan lagi dengan cara memperbanyak latihan secara rutin mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan koneksi matematika.

References

Amir, Zubaidah dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja pressindo.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hendriana, Heris & Soemarmo, Utari. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Hendriana, Heris & Rohaeti, E. Eti & Sumarmo, Utari. 2017. Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Maulyda, Mohammad, Archi. 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Mataram: CV IRDH.
Putri, H. Eka & Muqodas, Idat & Wahyudi, M. Ady & Abdulloh, Afif & Sasqia, A. Shandra &Afita, L. A. Nur. 2020. Kemampuan-Kemampuan matematis dan pengembangan instrumennya. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membentu Memecahakn Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali M. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Subagyo, Joko. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sumber dari Internet :
Sari, P. Chania & Mutmainah, D. Siti & Setiawan, Wahyu. 2019. Analisis kemampuan koneksi matematik ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Suska Journal of Mathematics Education (online). Vol 5. No 1 (http://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6510, diakses 15 Februari 2021)
Widiyawati, Septiani, Ari & Inayah, Sarah. 2020. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa (Online). Vol 6. No 1. (http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index, diakses tanggal 15 Februari 2021)
Nursaniah, Lutfia & Nurhaqiqi, Yuspriati, D. Nurul. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (Online). Vol 1, No 5. (http://ISSN 2614-2155, diakses tanggal 15 Februari 2021)
Published
2022-04-25
How to Cite
Ziliwu, S. H., Sarumaha, R., & Harefa, D. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-25. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.433