ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi SPLTV, 2) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi SPLTV.Penelitian ini menggunakan jenis penelitiankualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Jumlahinforman dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang. Data dianalisa dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pengumpulan data penelitian melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara.Temuan penelitian diperoleh (1) siswa tidak mampu menyajikan kembali konsep atau definisi SPLTV, (2)siswa tidak mampu membedakan sistem persamaan yang termasuk SPLTV dan bukan termasuk SPLTV, (3) siswa tidak mampu menyajikan konsep SPLTV dalam berbagai bentuk representasi matematika terutama menyusun persamaan atau membuat model matematika, (4) siswa kesulitan mengembangkan kecukupan suatu data atau informasi yang ada pada soal untuk dapat menyelesaikan soal tersebut, (5) siswa kesulitan menggunakan atau memilih prosedur penyelesaian yang digunakan dalam SPLTV misalnya metode eliminasi dan metode subtitusi,(6) siswa tidak mampu mengaplikasikan konsep SPLTV dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah.Melalui penelitian ini, disarankan agar setiap guru mata pelajaran matematika dapat lebih mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, siswa diharapkan agar tidak mengandalkan hafalan, akan tetapi lebih mengutamakan pemahaman konsep terhadap materi SPLTV sehingga dapat mengaplikasikan konsep tersebut dalam berbagai situasi.
References
Hendriana, Heris & Rohaeti, Euis, Eti & Sumarmo, Utari. 2018. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, (online) Volume 03 Nomor 01 (http://eprints.uny.ac.id/6928/1/P-18%20Pendidikan% 28Nila%20K%29.pdf) diakses pada tanggal 06 Januari 2021.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Manul, M. G., Susilo, D. A., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Kelas X. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, (Online) Vol. 1 No. 4. (https://core.ac.uk/download/pdf/287301597.pdf) diakse pada tanggal 06 Januari 2021.
Noer, Sri, Hartuti. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur.Bandung: PtRemajaRosdakarya
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Kubus dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, (online) Vol. 2 No. 1 (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/2838) diakse pada tanggal 06 Januari 2021.
Sari, W. P., Haji, H. S., & Nirwana, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, (online) Volume 05 Nomor 01. (https://core.ac.uk/download/pdf/304205628.pdf) diakses pada tanggal 02 April 2021.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, H., Nissa, I. C., & Yuntawati, Y. (2019). Analisis kemampuan siswa dalam memahami konsep sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) berdasarkan teori apos siswa kelas X IPS 1 MA Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang. Media Pendidikan Matematika, (online) vol 7 No. 1 (http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm) diakse pada tanggal 06 Januari 2021.
Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, (online) Vol 2 Nomor 3 (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/view/4175) diakses pada tanggal 06 Januari 2021